Halaman Depan

PENGERTIAN
Madrasah Ibtidaiyah  Negeri adalah sekolah Dasar Negeri yang berciri khas agama Islam, berdasarkan PP. No.28 tahun 1990, dan UUD Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 bahwa Madrasah Ibtidaiyah ini mempunyai kedudukan yang sama dengan sekolah lain yang sederajat pada umumnya.

TUJUAN
  • Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) bertujuan ; Mendidik dan mempersiapkan para siswa agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT , cerdas, terampil, berbudi luhur, tebal semangat kebangsaan, cinta tanah air serta mampu membangun diri dan bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Memberi bekal kemampuan yang diperlukan dalam mensukseskan wajib belajar 9 tahun.
  • Membekali ilmu pengetahuan dasar yang seimbang antara IPTEK (ilmu pengetahuan & teknologi) dan IMTAQ (iman dan taqwa), sehinggamampu menjadi manusia yang seutuhnya.
Dilihat dari pertumbuhannya yang sangat cepat dan berbagai aspek daya dukung yang dimilikinya, boleh jadi MI Negeri Sindangjaya merupakan institusi ideal yang memadukan peningkatan kualitas Iman dan Taqwa (Imtaq) serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Makna ideal disini berkonotasi luas karena MI Negeri Sindangjaya telah mengalami pertumbuhan yang spektakuler khususnya dalam bidang pendidikan dasar.

MI Negeri Sindangjaya bukan hanya sebagai lembaga pendidikan yang mengedepankan aspek spiritual/agamis saja, melainkan sebagai lembaga yang menginternalisasikan nilai-nilai Imtaq dan Iptek di dalam perilaku peserta didiknya. Sistem nilai yang dipakai untuk mengembangkan sumber daya manusia itulah yang membedakan satu lembaga dari yang lainnya. Nilai-nilai kejujuran, ketertiban, disiplin, dan semangat melayani, ditanamkan melalui keteladanan dan tindak nyata, tidak sekedar melalui pengajaran di kelas. Semuanya itu dapat terwujud adalah berkat kegigihan dan ketekunan seluruh civitas akademika serta dukungan dari siswa dan orang tua/wali yang turut ambil bagian dalam berbagai program kegiatan sekolah.

Dengan pendekatan teknologi pendidikannya yang sangat memadai, maka tak berlebihan kalau pada akhirnya MI Negeri Sindangjaya ini menjadi tumpuan harapan masyarakat dalam mendorong dinamika proses pendidikan nasional yang dicita-citakan. Kini dan esok, MI Negeri Sindangjaya tidak saja diharapkan sebagai salah satu pusat keunggulan, tetapi juga diharapkan dapat berperan aktif sebagai wahana penguatan iman dan taqwa serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

0 komentar:

Posting Komentar